free page hit counter
Hari Antikorupsi Sedunia - Bravos Radio
16667
post-template-default,single,single-post,postid-16667,single-format-standard,ajax_updown_fade,page_not_loaded,,hide_top_bar_on_mobile_header,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-10.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.12,vc_responsive

Hari Antikorupsi Sedunia

Hari Antikorupsi Sedunia

Hari Antikorupsi Internasional (disebut juga hari anti korupsi sedunia  – International Anti-Corruption Day) adalah hari yang diperingati untuk meningkatkan kesadaran bahaya yang ditimbulkan oleh korupsi dan juga sebagai momen bagi semua pihak untuk secara bersama-sama mencari cara dan bersinergi dengan mengambil peran dalam memerangi dan mencegah kejahatan korupsi.

Hari antikorupsi internasional setiap tahun jatuh pada tanggal 9 Desember dan dirayakan oleh berbagai negara di seluruh dunia.

Hari Anti Korupsi Sedunia

Sejarah lahirnya hari anti korupsi internasional yang jatuh tepat pada setiap tanggal 9 Desember dimulai sejak Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengadopsi Konvesi PBB melawan Korupsi (United Nations Convention Againts Corruption – UNCAC) pada 31 Oktober 2003 di Meksiko dan baru diberlakukan pada bulan Desember tahun 2005.

Melalui resolusi 58/4, Majelis PBB menunjuk 9 Desember sebagai Hari Anti Korupsi Internasional (International Anti-Corruption Day) dan meminta Sekretaris Jenderal menunjuk Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan / United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) sebagai sekretariat Konferensi Konvensi Negara Pihak.

Dengan demikian, United Nations Development Programme (UNDP) atau Badan Program Pembangunan PBB bersama-sama dengan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODOC) atau Badan PBB Urusan Narkoba dan Kejahatan berada digaris depan terkait upaya ini.

Tujuan dari konvensi PBB melawan Korupsi adalah untuk mempromosikan strategi pemberantasan korupsi yang efisien dan efektif, memfasilitasi kerjasama internasional dan bantuan teknis untuk pencegahan dan pemberantasan korupsi, serta meningkatkan integritas, akuntabilitas dan manajemen urusan publik yang lebih baik.

Setahun setelah Konvensi Antikorupsi atau United Nations Conventions Against Corruption (UNAC), pemerintah Indonesia turut menetapkan 9 Desember sebagai Hari Anti Korupsi dengan mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi pada tanggal 9 Desember tahun 2004.

Source:

Bali Express

ofm

No Comments

Post A Comment